Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

Mobile Qur’an Goes to Tasikmalaya

20 November 2014
Image

SMPN 1 Sukaraja, daerah Kabupaten Tasikmalaya, kedatangan Mobile Qur’an (MOQU) pada Senin (17/11) lalu. Untuk pertama kalinya sekolah tersebut mendapat kunjungan MOQU, kemudian para siswa terlihat antusias menyambutnya, terlebih ketika media audio-visual yang dimiliki MOQU dijalankan. Sekitar seribu siswa yang hadir pada saat itu tampak khusyuk mendengarkan materi dari trainer yang membawakannya.

Aksi MOQU kali ini, masih dalam format training motivasi, baik motivasi untuk menghafal Al-Qur’an, maupun motivasi Inspirasi kehidupan. Selain itu diselingi beberapa permainan agar para peserta tidak jenuh. Selain itu juga ada pembagian door prize berupa mushaf Al-Qur’an.

Sedangkan aksi yang kedua bertempat di Rumah Tahfidz Al-Khoiriyyah , dimana pesertanya adalah para santri Rumah Tahfidz tersebut. Sebanyak skitar 60 anak dari usia TK hingga SMP hadir pada siang itu, materinya masih sama dengan aksi sebelumnya di SMPN 1 Sukaraja. Beberapa video inspiratif pun ditayangkan sebagai hiburan.

Training kali ini dibawakan oleh Achmad Ferdi, yang membawakan materi inspirasi kehidupan, inti materinya adalah bahwa untuk mencapai cita-cita, kita akan melewati rintangan dan memerlukan pengorbanan yang besar. Sedangkan untuk motivasi dan pelatihan menghafal Al-Qur’an, dibawakan oleh Ustadz Gugum Gumilar.

Dalam sesi ini Ustadz Gugum memotivasi para peserta, bahwa menghafal Al-Qur’an adalah sesuatu yang mudah, bahkan Allah menerangkan sendiri dalam salah satu ayat, yakni surah Al-Qamar ayat ke-32. Kemudian Ustadz Gugum mencoba mengajak anak-anak untuk menghafal tiga ayat pertama dari surah Yusuf dengan metode Sima’iyyah. Yakni metode dengan cara mendengarkan berulang-ulang.

Cukup hanya diulang sebanyak 20 kali, maka beberapa anak yang hadir mampu mengulang tiga ayat tersebut dengan baik. Sehingga diharapkan menjadi motivasi untuk menghafal bagi anak-anak, dan timbul anggapan bahwa menghafal Al-Qur’an itu bukan sesuatu yang sulit.

Aksi MOQU ini memang ditujukan untuk dakwah, khusunya untuk mengenalkan Al-Qur’an, tidak hanya mengenalkannya saja, namun memberi motivasi untuk membaca dan menghafalnya, bahkan mengamalkan isinya. Harapannya dengan terus berjalannya aksi MOQU ini, maka masyarakat semakin dekat dengan Al-Qur’an.

 

 

 

 



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda