Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

1000 Pengusaha Pimpin Gerakan Sedekah Nasional

17 April 2013
Image

Jelang Hari Sedekah Nasional (Harsena), 27 April 2013, ghirah pengusaha untuk bersedekah semakin menderu. Hal ini tampak antara lain dalam roadshow seminar pengusaha di Yogyakarta dan Wonosobo belum lama ini.

Bertajuk “Duel Mawut – Semua Bisa Jadi Pengusaha” seminar di kedua kota berlangsung masing-masing pada 13 dan 14 April lalu. Ribuan peserta menghadiri seminar yang diselenggarakan bersama oleh PPPA Daarul Qur’an, Spiritual Company, Makelar Sedekah, dan Waroeng Group. Duel Mawut menghadirkan pembicara pengusaha Jody Brotosuseno (Waroeng Group), Agus Pramono (Ayam bakar Mas Mono), dan Ustadz Yusuf Mansur.

Inti paparan mereka adalah sedekah sebagai salah satu kunci sukses usaha. Seperti disebutkan dalam Al Qur’an, Allah SWT mengajak manusia beramal dengan bahasa bisnis semisal: “Siapa sudi meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan balasan untuknya, dan dia akan beroleh pahala yang banyak” (QS Al-Hadiid: 11).

“Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipatgandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun” (QS At-Taghoobun: 17).

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui” (QS Al-Baqarah: 261).

Dibakar dengan suntikan para pembicara, para peserta yang kebanyakan pengusaha UKM dan calon pengusaha itupun memulai ikhtiarnya dengan bersedekah.

Menurut Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an, Tarmizi Asshidiq, hingga saat ini setidaknya sudah 200 pengusaha sudah berkomitmen untuk memberi teladan pada momentum Harsena 2013.

“Insya Allah, hingga tanggal 27 April, Sedekah Nasional akan diikuti 1000 pengusaha, antara lain mereka tergabung dalam komunitas Spiritual Company seperti Sandiaga Uno (Grup Saratoga), Jody Brotosuseno, Agus Pramono, Haji Iyus Ruslan, Hendy Setiono. Juga kontraktor Budi Harta Winata, Solikhun, Masyuri, dan pengusaha dari berbagai daerah seperti ; Makasar, Samarinda, Jogja, Bandung, Semarang, Bogor, Banten, Lampun, Surabaya, Malang dan lain-lain,” papar Tarmizi.

Tahun ini, menurut Manager Program PPPA Daqu Nanang Ismuhartoyo, sejumlah proyek amal siap mendayagunakan hasil sedekah nasional. Salah satunya, merampungkan pembangunan Masjid Daarul Qur’an di Kampung Qur’an Ketapang, Tangerang. Masjid ini sudah dirindukan oleh sekitar 10 ribu jamaah yang selama ini sholat di masjid darurat.

PPPA Daqu juga bakal membangun Rumah Susun (rusun) Tahfidz, yaitu rusun bagi para keluarga dhuafa santri tahfidz.

“Program Rusun Tahfidz ini sesuai dengan saran Syaikh Saad Al Ghomidi untuk mengawal para santri tahfidz agar terjaga sebagai Penghafal Qur’an selamanya,” terang Nanang.

Setelah Rumah Qur’an Merapi, PPPA Daqu membangun komunitas Rumah Trampil. Ini untuk memberi bekal life skill bagi anak dan remaja keluarga dhuafa di sana. Sehingga, mereka bisa fight untuk hidup tanpa tergantung pada alam yang rawan bencana seperti lereng Merapi. “Pembangunan Rumah Qur’an di pedalaman Nusa Tenggara Timur juga terus kita lanjutkan, sehingga kawasan itu menjadi Kampung Qur’an. Demikian juga di daerah terpencil lainnya,” imbuh Nanang. Untuk menyuplai para santri tahfidz dengan makanan pokok bergizi, PPPA Daqu terus mengembangkan program sedekah sawah.

Program ini alhamdulillah sudah teruji sejak kali pertama dicoba. Ahad, 17 Februari 2013, Ustadz Yusuf Mansur memimpin panen raya padi dan sayuran organik di bumi persawahan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Panen raya hasil sedekah sawah itu baru di atas lahan seluas 6 hektar yang dikelola Pusat Pengembangan Pertanian Organik (PPPO) pimpinan Ustadz DR Samsudin.

Selain itu, hasil sedekah nasional juga untuk menggerakkan wakaf Qur’an secara nasional. Melalui program dakwah Qur’an yang diinformasikan Ust. Yusuf Mansur di Wisatahati ANTV, PPPA Daarul Qur’an akan memberikan bantuan mushaf qur’an diiringi dengan pelatihan One Day One ayat oleh asaatidz Daarul Qur’an. (bowo)



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda