Zakat Sedekah Wakaf
×
Masuk
Daftar
×

Menu

Home Tentang Kami Program Laporan Mitra Kami Kabar Daqu Sedekah Barang

Mulai #CeritaBaik Kamu Sekarang

Rekening Zakat Rekening Sedekah Rekening Wakaf

Alamat

Graha Daarul Qur'an
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21
Jl. Hos Cokroaminoto
Karang Tengah - Tangerang 15157 List kantor cabang

Bantuan

Call Center : 021 7345 3000
SMS/WA Center : 0817 019 8828
Email Center : layanan@pppa.id

PPPA Daarul Quran Jalin Kerjasama dengan NGO Afrika Selatan untuk Bantu Muslim Somalia

05 October 2011
Image

Direktur Eksekutif PPPA Daarul Qur’an Tarmizi Ashidiq, menyatakan saat ini satu tim kecil dari PPPA sudah berada di Cape Town, Afrika Selatan untuk menyiapkan segala sesuatunya terkait rencana bantuan ke Somalia tersebut. Termasuk melakukan pembicaraan lanjutan dengan tiga Non Government Organization (NGO) Afsel, yakni Daarul Islam Zakaah Fund (Daizaf), Muslim Judicial Council (MJC) dan Al Quds Foundation.

“Kerjasama dengan ketiga lembaga di Afsel ini merupakan aliansi yang sangat stategis. Tidak hanya untuk program bantuan bagi Somalia saja, tetapi juga untuk program lain di masa akan datang yang membawa kepentingan masyarakat Indonesia,” kata Tarmizi Ashidiq di Jakarta, Rabu (5/10/2011).

Disebutkannya, pilihan untuk bekerjasama dengan ketiga NGO tersebut, tidak lepas dari keberadaan perwakilan atau cabang PPPA Daarul Qur’an yang ada di Afsel. Selain itu juga dilatari pertimbangan upaya mengajak masyarakat di Afrika untuk dapat lebih intens membantu masyarakat di Somalia.

“Kita mengedepankan cabang di Afsel untuk melaksanakan program bantuan kemanusiaan tersebut, sedangkan bantuan yang akan diberikan berasal dari donasi masyarakat Indonesia melalui PPPA di Jakarta,” kata Tarmizi.

Untuk tahap awal, bantuan yang diberikan rencananya bantuan logistik, sedangkan untuk tahap jangka panjang PPPA ingin berperan dalam untuk upaya membantu Somalia melalui serangkaian program pendidikan. Program itu antara lain memberikan beasiswa untuk tingkat universitas bagi pelajar asal Somalia. Pilihan program tersebut antara belajar di Indonesia, maupun belajar di Afrika Selatan.

“PPPA juga memiliki cabang di beberapa negara lain, tetapi dalam program beasiswa ini, pilihannya kita berikan antara di Indonesia atau di Afrika Selatan,” kata Tarmizi.

Terkait bantuan logistik yang akan diberikan tersebut, tahapan yang sedang berlangsung saat ini yakni memastikan jenis bantuan yang akan diberikan. Rencananya bantuan akan dikirim via laut melalui Pelabuhan Durban, Afsel, sedangkan tim akan berangkat ke Somalia, pada 17 Oktober mendatang.

“Prosesnya sedang berlangsung semuanya, Insya Allah semuanya akan terlaksana seperti rencana. Lembaga mitra kerjasama kita di Afsel sudah memiliki jaringan di Somalia, jadi akan lebih mudah untuk masuk ke sana,” ujar Tarmizi.

Disebutkan Tarmizii, ketiga lembaga tersebut juga sudah berpengalaman melakukan kegiatan kemanusiaan di Palestina, Sudan dan juga di Indonesia sendiri ketika terjadi bencana tsunami di Aceh. Dengan pengalaman yang sudah banyak ini, maka akan lebih mudah bagi PPPA untuk melakukan kegiatan kemanusiaan di Somalia. (*)

 



Nikmati kemudahan informasi terkait program-program Daarul Qur'an melalui email anda